Selasa, 03 Juni 2008

Lokkit Firewall di Ubuntu



GNOME Lokkit adalah firewall bawaan dari Red Hat. Pada dasarnya firewall tidak terlalu dibutuhkan di ubuntu desktop. Teman saya juga menyarankan tidak perlu menginstall firewall di ubuntu kecuali kalau komputer kita dijadikan server yang dionlinekan.


Technical Term's
Since Ubuntu doesn't run any daemons that listen to the outside world by default (the postfix install only listens on localhost) there's no need for a default firewall. The rationale is that if a user's got a need for installing a world-facing daemon, they'll be aware that they should configure a firewall/ACL for it too.

Source - Ubuntu FAQ on website.

Ada beberapa pilihan firewall untuk ubuntu selain Firestarter diantaranya menggunakan Shorewall (advance), IPTables (simple), Fwbuilder (advance), Lokkit (simple) dan Guardog (advance). Pada ubuntu 8.04 (Hardy Heron) sudah memiliki ufw (Uncomplicated Firewall).

Instalasi Lokkit mudah dan penggunaannya juga sangat simple. Cocok untuk penggunaan biasa atau basic. Cara menginstallnya adalah, dari terminal ketikkan

$ sudo apt-get install gnome-lokkit

Setelah terinstall, buka command perintah dengan Alt-F2 lalu jalankan

gksudo gnome-lokkit

Penjelasan tentang konfigurasi Lokkit bisa dilihat di Red Hat Docs . Untuk awal setelah penginstallan, internet akan terasa agak lambat, setelah itu akan normal kembali.

Setelah installasi selesai, lokkit terdapat pada Aplikasi > Peralatan Sistem > Lokkit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar