SEO adalah Search Engine Optimization, cara agar web/blog kita mudah di index oleh mesin pencari dan (mudah-mudahan) timbul di urutan paling atas untuk keyword tertentu.
Menurut wikipedia, SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
id.wikipedia.org
Untuk memudahkan SEO, dapat menggunakan berapa alat bantu atau tools diantaranya:
Check meta tag:
http://www.seocentro.com/tools
Check pagerank:
http://www.prchecker.info
Keyword Generator Tools:
Keyword Generator (overture)
Keyword Generator (google)
Keyword yang paling banyak dicari pada blog/web kita:
sitemeter.com
google.com/analytics
Google SEO Tools:
Google Sitemaps - membantu monitoring site Anda, apabila Google mempunyai masalah pengindex-an website.
AdWords Keyword Tool - menampilkan kata kunci yang sesuai dengan yang dikehendaki.
AdWords Traffic Estimator - mengestimasi berapa bid price yang diminta untuk rank #1 on 85% di Google AdWords ads Google, dan berapa traffic yang mampu di dapat.
Google Suggest - didasarkan pada auto completes search queries di awal pencarian dengan character atau kata kata yang Anda masukkan.
Google Trends - menampilkan multi-year search trends.
Google Sets - membuat semantically related keyword sets yang didasarkan pada keywordyang dimasukkan.
Google Zeitgeist - menampilkan pencarian yang cepat.
Yahoo! SEO Tools:
Overture Keyword Selector Tool - shows prior month search volumes across Yahoo! and their search network.
Overture View Bids Tool - displays the top ads and bid prices by keyword in the Yahoo! Search Marketing ad network.
Yahoo! Site Explorer - shows which pages Yahoo! has indexed from a site and which pages they know of that link at pages on your site.
Yahoo! Mindset - shows you how Yahoo! can bias search results more toward informational or commercial search results.
Yahoo! Advanced Search Page - makes it easy to look for .edu and .gov backlinks.
while doing link: http://www.site.com/page.html searches (links to an individual page).
while doing linkdomain: www.site.com/searches (links to any page on a particular domain).
Yahoo! Buzz - shows current popular searches
MSN SEO Tools:
Keyword Search Funnel Tool - shows terms that people search for before or after they search for a particular keyword
Demographic Prediction Tool - predicts the demographics of searchers by keyword or site visitors by website
Online Commercial Intention Detection Tool - estimates the probability of a search query or web page being commercial, informational-transactional, or
Search Result Clustering Tool - clusters search results based on related topics.
Tools Lainnya:
SEO Tools
WebCEO
SEO Quake
SEO Company
SEOmoz
WebConfs
iWebTools
RankQuest
Webmaster Toolkit
SEOpen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar