Disposable Email Address



Disposable Email Address (DSA) merupakan cara alternatif untuk melindungi email kita dari spam dan e-mail abuse lainnya. Disposable email adalah email temporary yang kadang diperlukan sebagai pengganti alamat email kita untuk melakukan registrasi, mengisi comment, download software atau hal lainnya yang kita tidak ingin mencantumkan alamat email asli kita (tidak memerlukannya) disana. Masa waktu aktif sebuah disposable email bermacam-macam, ada yang akan hangus dalam beberapa jam ada juga yang hangus setelah beberapa hari.

Kelebihannya adalah:
  • Melindungi email asli kita dari email spam
  • Melindungi email asli kita dari exploits, spoof dan hoax
  • Tidak diperlukan signup dan/atau registrasi
  • Otomatis expire setelah beberapa periode tertentu

Contoh dari DSA diantaranya:

something@mailinator.com atau something@trashymail.com

Kata something bisa kita rubah dengan nama lainnya bila kita tidak ingin memeriksa isi inbox email kita tersebut. Ada juga yang memberikan alamat email khusus untuk kita. Untuk menggunakan layanan ini kebanyakan tidak memerlukan pendaftaran atau membuat account. Alamat email berbeda akan terpampang dihalaman situsnya untuk kita gunakan, setiap kita membuka atau refresh halaman situs tersebut. Untuk mengecek inboxnya cukup memasukkan alamat disposable email yang diberikan kepada kita dikolom yang tersedia. Dibawah ini beberapa contoh DEA yang dikutip dari www.sizlopedia.com :


Bila kita menggunakan disposable email, maka kita tidak mengganggu domain email lain yang kadang (mungkin) kita gunakan untuk menutupi email asli kita, misalnya something@yahoo.com yang mungkin orang tersebut adalah pemilik email yang kita gunakan.

No comments: