Open Source & Freeware



By, anis_wn


Open Source

Cara mengedarkan program yang diimbuhi dengan sourcenya sekalian. Jadi pengguna punya kesempatan untuk mengutak-atik program sesuai dengan keinginannya.

Lawan kata Open Source adalah Closed Source atau bisa juga disebut proprietary software. Itu karena sourcenya tidak dibagikan.

Freeware

Cara menyebarkan program tanpa memungut bayaran sama sekali alias gratis.

Selain freeware, cara menyebarkan software bisa shareware (coba dulu baru beli) atau bayar langsung.


Tidak ada klausa bahwa yang namanya OpenSource itu harus gratis. Malah banyak open source yang bayar dan harganya sangat mahal. Biasanya yang seperti ini ada di industri perbankan. Source langsung dikasih ke user (bank) oleh vendor. Tapi memang begitulah perjanjiannya.

Banyak software yang gratis (freeware) tapi closed source. Begitu minta sourcenya, ya musti bayar. Itu bisa terjadi karena yang bikin tidak ingin membagi sourcenya, hanya ingin toolsnya dipake gratis oleh orang lain.

Apakah orang yang make Open Source terus wajib mampu ngoprek? Itu terserah yang menggunakan. Kalo dia bisa dan memang kurang puas dengan softwarenya silakan dioprek. Kalo sudah puas, ya tidak usah. Apalagi tidak punya kemampuan untuk ngoprek.

No comments: