Menghemat Ruang Harddisk NTFS

Oleh: anis wn

Sesuai judulnya, tips ini hanya berguna bagi mereka yg sangat memperhatikan penggunaan harddisk. Bisa karena pelit (dah punya HD segede gajah), bisa karena terpaksa (maklum belum sempat beli yg baru), atau memang bijaksana (ini terlalu ideal, mungkin).

Tips ini hanya berlaku utk harddisk dgn partisi NTFS (yg gak ngerti NTFS boleh nanya, lho...). Untuk yg lain tak berlaku. Kalo anda masih pake OS Win98, silakan baca yg ini biar anda lebih termotivasi utk ganti OS. Yg pake Linux gak usah ngiri, karena linux punya segudang kelebihan lain. Toh selisih biaya beli CD Linux dgn WinXP yg mahal itu bisa anda pake tuk beli HD lagi, kan?

Show off dulu... Silakan perhatikan field Size dan Size on disk utk tiap direktori yg ada di bawah ini. Silakan hitung pula penghematan harddisknya...







Untuk banyak direktori, sudah tentu penghematannya lumayan terasa. Tapi tidak semua file bisa diperoleh manfaat penghematan tersebut. File2 yg pada dasarnya menggunakan sistem kompresi di dalamnya, tidak akan menghasilkan banyak penghematan. Contohnya adalah file chm, swf, jpg, mp3, zip, 7z, dan sejenisnya. Yg bisa menghasilkan penghematan besar adalah file2 dari tipe teks. Jadi anda tidak perlu melakukan kompresi untuk semua direktori, tapi cukup direktori2 yg anda pandang itu berisi file2 yg bisa dimampatkan.

Sistem kompresi ini sudah menyatu dgn OS Window$ dan file system NTFS. Jadi semua aplikasi bisa mengakses file secara transparan tanpa tahu file tersebut dikompresi atau tidak. Jangan takut performansi turun karena proses ini. Itu karena sistem kompresi yg dipake tidaklah terlalu baik dari sisi hasil kompresi, tapi sangat baik dari sisi kecepatan. Bisa dibilang anda tidak akan bisa menghitung perbedaan dgn cara manual antara membuka file yg terkompresi dgn file normal.

OK. Sekarang langkah2nya...

* Silakan buka dialog Properties dari suatu direktori yg anda inginkan.



Banyak cara membuka dialog ini. Salah satunya adalah melakukan klik kanan pada nama direktori di Window$ Explorer. Perhatikan dua field yg berkaitan dgn jumlah total file dan ukurannya.

* Langsung saja klik tombol Advanced dari dialog tsb utk memunculkan dialog berikut ini.



Berikutnya adalah menghidupkan tanda centang spt yg ditunjuk oleh cursor dan klik tombol OK

* Berikutnya adalah tekan tombol Apply pada dialog di bawah ini.



* Pada saat muncul dialog konfirmasi spt berikut, silakan pilih mana yg akan anda kompresi, semua atau sebagian?



Pada dialog tsb, pilihannya adalah satu direktori tsb dan semua yg ada di bawahnya. Tekan OK untuk mulai memproses kompresi. Tergantung besarnya direktori, maka proses kompresi bisa memakan waktu sebentar atau lama.

* Selesai. Silakan bandingkan penggunaan ruang harddisk dgn sebelum dilakukan kompresi.




Silakan mencoba...
Good luck

No comments: