Sekilas Tentang E-Gold



Dalam setiap aktifitas e-bisnis, kita pasti membutuhkan suatu alat pembayaran digital dalam bertransaksi. Alat pembayaran digital ini disebut sebagai eCurrency yaitu alat pembayaran yang sah dan diterima secara umum di seluruh dunia, misalnya Credit Card. Namun pemakaian credit card melalui media internet masih banyak memunculkan masalah terutama tingkat keamanannya, apalagi Indonesia sekarang sudah dalam kondisi terblacklist oleh sebagian besar merchant-merchant internasional karena tingginya angka carding atau penyalah gunaannya di Indonesia. Sebagai alternatif untuk melakukan transaksi secara online di Internet kita dapat mempergunakan E-Gold.

Apa dan Bagaimana

E-gold adalah suatu alat pembayaran digital baru, dikeluarkan oleh e-gold Ltd., berkedudukan di Nevis , berlaku global, standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia seperti di http://www.kitco.com, dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan e-gold. E-gold adalah suatu mata uang seperti halnya rupiah dan dollars, bukan merupakan mata uang nasional suatu negara. Ini berarti tidak ada suatu negara yang mengeluarkan uang kertas ataupun logam dalam mata uang e-gold. Malahan setiap transaksi dilakukan secara elektronis melalui internet. Nilai transaksi adalah berdasarkan berat emas murni. Anda dapat merubah e-gold ke dalam bentuk mata uang lain (US Dollars, Pounds , Deutche Mark..... dan sebaliknya). E-gold sudah diakui oleh banyak merchant di seluruh dunia dalam melakukan transaksi on-line, dan sebagai media pembayaran yang sah. Selain itu dana anda di E-gold dapat ditarik melalui ATM khusus di semua mesin ATM berlogo Cirrus, Maestro, dan Mastercard dapat dilihat di http://www.cashcards.net.

Manfaat dari e-gold antara lain


Anda dapat memanfaatkan rekening e-gold ini untuk menerima pembayaran dan melakukan pembayaran. E-gold memiliki website yang dijamin keamanannya dengan secure server 128 bit SSL. Anda dapat membuka rekening tanpa dikenakan biaya seperti halnya bila anda membuka rekening di bank, setelah itu anda dapat memasukkan dana anda ke rekening e-gold dengan cara membeli e-gold, dan sebaliknya anda dapat mencairkan dana e-gold anda dengan cara menjualnya. Transfer antar e-gold adalah Real Time, lansung sampai ke rekening tujuan.
E-gold mengenakan fee transfer yang dapat anda lihat di http://www.e-gold.com/newfees.html.

Cara Membuka Account
Klick disini untuk melakukan registrasi di website e-gold.
Klik I agree setelah anda membaca user agreement
Akan keluar form isian, anda hanya perlu mengisi yg dicetak tebal saja
Isi Account Name (nantinya ini yang dapat dilihat oleh user e-gold lainnya, memudahkan mereka untuk mem-verifikasi Nomor Account anda waktu melakukan transfer misalnya)
Contoh : Acc eGold Saya
Isi User Name (nantinya ini akan muncul di account history. Account Name dan User Name boleh anda buat sama untuk memudahkan anda mengingat)
Contoh : Acc eGold Saya
Isi Point of Contact (Nama, Alamat, Kota, State, ZIP)
Isi alamat Email ( Harus email yang aktif )
Isi nomor Telepon
Isi Alternate Passphrase (password) (ini berguna jika nantinya anda lupa passphrase / password anda atau untuk otomatisasi scripts )
Isi Passphrase (password) 2 kali (harus gabungan huruf dan angka panjang minimal 16 karakter (untuk keamanan)
Isi Turing Number sesuai dengan yang ditampilkan (turing number adalah nomor acak yang selalu berubah untuk menambah keamanan di website e-gold)
Klik Open
Nomor Account anda akan dikirim ke alamat email yang anda masukkan di atas
Buka email Anda dan cari email dari e-gold ( di inbox / bulk / spam folder ) dan catat Nomor Account anda (7 digit).

Cara mengakses account e-gold
Klick disini untuk masuk ke website e-gold
Isi Account Number sesuai yang telah dikirim ke email anda
Isi Passphrase (password) anda ( Sebaiknya anda menggunakan "SRK" untuk alasan keamanan )
Isi Turing Number sesuai dengan yang ditampilkan
Klik Login
Anda telah masuk ke e-gold account anda, menu yang disediakan adalah sbb.:
- Balance = untuk melihat saldo dana anda
- Spend = untuk mentransfer dana ke rekening e-gold lain
- Redeem = Mengambil atau menukar e-gold dengan emas batangan
- History = untuk melihat perincian transaksi
- Account Info = untuk merubah profile dan passphrase/password
Pastikan anda selalu Logout setelah selesai mengakses e-gold account anda untuk keamanan !!

Cara mengisi / menguangkan egold

Saat ini di Indonesia sudah ada beberapa exchanger e-gold dimana anda dapat membeli dan menjual/mencairkan dana dari rekening e-gold ke rekening bank anda.


Sumber: www.indochanger.com

No comments: